Sholawat Tibbil Qulub Teks Arab, Latin dan Artinya

Sholawat Tibbil Qulub memiliki keutamaan, sebagai penawar atau obat, Syifa’ dalam Sholawat tersebut bermakna obat atau penawar, baik obat hati maupun obat sakit dhohir badan, dengan cara tawasul kepada Junjungan Nabi Besar Muhammad SAW yakni dengan bersholawat.

Sholawat-Tibbil-Qulub-fathulghofur.com

Membaca Sholawat Tibbil Qulub banyak dianjurkan oleh ulama dalam rangka memohon kepada Allah agar selalu diberi kesehatan dan keselamatan lahir batin. Terlebih di saat wabah penyakit, sholawat ini diyakini dapat menghindarkan seseorang dari penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Baca Juga:
Fasal 10 Fardhu Mandi Ada 2 (Kitab Safinah)
Fasal 9 Kewajiban Mandi Ada 6 (Kitab Safinah)
Fasal 8 Air Untuk Thaharah (Kitab Safinah)

Bacaan-Sholawat-Tibbil-Qulub

Berikut teks Sholawat Tibbil Qulub lengkap latin dan artinya:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ اْلأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ اْلأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Allahumma sholli `ala Sayyidina Muhammadin thibbil qulubi wa dawa-iha wa `afiyatil abdani wa syifa-iha wa nuril abshori wa dhiya-iha wa `ala alihi wa shohbihi wa sallim

Artinya: “Ya Allah curahkanlah rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya dan sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya. Semoga shalawat dan salam tercurahkan pula kepada keluarga serta para sahabat-sahabatnya.

Segala obat adalah sebagai perantara atau asbab, dan usaha kita sebagai hamba-NYA yang tetap yakin Allah SWT adalah musabab dan penentu diatas kesembuhan seseorang dan insyaAllah shalawat Thibbil Qulub atau Syifa’ ini juga dapat dijadikan salah satu amalan untuk menyembuhkan penyakit.

Wallahu A’lam Bish-shawab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *