Masjid Kristal di Pulau Wan Man, Terengganu Malaysia

FathulGhofur.com. Masjid Kristal di Malaysia ini memiliki keindahan arsitektur yang patut diacungi jempol. Tidak hanya dari sisi bangunan fisiknya saja, namun fasilitas yang disediakan untuk jamaah juga memberikan kenyamanan

Cristal_Mosque_in_Terengganu
Masjid Kristal di Pulau Wan Man, Terengganu Malaysia. Foto: okezone

Malaysia yang juga memiliki penduduk muslim yang mayoritas, sehingga keberadaan masjid adalah kewajiban sebagai sarana beribadah untuk umat Islam disana.

Baca Juga :
Arab Saudi Larang Jamaah Menyentuh Ka’bah
Penampakan Langka, Foto Kosongnya Ka’bah saat Masjidil Haram Disterilkan
Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Dibuka Kembali Usai Sterilisasi Virus Corona

Masjid Kristal yang berada di wilayah Trengganu, Malaysia. Masjid modern yang memiliki arsitektur unik dan fasilitas modern ini berdiri diatas pulau Wan Man. Masjid Kristal adalah bagian dari Kompleks Taman Tamadun Islam, memiliki eksterior memukau.

Bahan dari bangunan masjid ini berupa baja, kristal dan kaca sehingga memiliki tampilan yang modern dan berkilau. Kilauan yang memukau dari bangunan masjid ini mala dinamakan Masjid Kristal.

Cristal_Mosque_in_Terengganu_1

Cristal_Mosque_in_Terengganu_2

Cristal_Mosque_in_Terengganu_3

Cristal_Mosque_in_Terengganu_4

Cristal_Mosque_in_Terengganu_5

Cristal_Mosque_in_Terengganu_6

Selain penuh dengan kaca dan kristal pada bagian eksteriornya, Masjid kristal ini juga memiliki interior yang penuh dengan kaca pada bagian kubah dalamnya. Masjid yang memiliki kapasitas 1.500 jamaah ini, pembangunannya mulai pada 2006 hingga 2008. Pada Pebruari 2008, Masjid kristal diresmikan oleh Sultan Terengganu, Sultan Mizan Zainal Abidin dan mulai dibuka untuk umum.

Arsitektur Masjid Kristal di Malaysia
Gaya arsitek Moor dan gaya Gothic melekat pada bangunan Masjid Kristal. Sentuhan arsitektur gaya China juga ada pada bangunan masjid ini. Jadi kombinasi beberapa gaya arsitektur membuat masjid tampak modern dan unik. Pada ruang utama masjid terdapat sebuah lampu gantung besar yang terbuat dari kristal menjadi salah satu daya tarik bagi pengunjung.

Cristal_Mosque_in_Terengganu_7

Cristal_Mosque_in_Terengganu_8

Cristal_Mosque_in_Terengganu_9

Cristal_Mosque_in_Terengganu_10

Cristal_Mosque_in_Terengganu_11

Cristal_Mosque_in_Terengganu_12

Masjid akan lebih menarik dan memukau ketika dimalam hari dengan lampu yang dapat merubah warna kubah menjadi warna yang bergantian mulai warna merah muda, hijau, biru, dan kuning. Baik siang maupun malam, masjid kristal tampak memukau dengan menimbulkan bayangan diatas permukaan air sungai yang ada disekelilingnya.

Fasilitas Masjid Kristal di Malaysia
Desain masjid tidak hanya pada bangunannya saja, tetapi masjid didesain dengan beberapa fasilitas Informasi dan Teknologi yang diintegrasikan pada infrastrukturnya. Koneksi internet bisa diakses oleh jamaah dalam mengakses Al-Qur’an digital.

Selain itu instalasi listrik juga ditata dengan baik dengan sumber listrik dari panel surya sehingga Masjid Kristal menjadi masjid ramah lingkungan dan berbasis IT. Dari fasilitas yang disediakan kepada jamaah maka Masjid Kristal menjadi masjid Cerdas.

Ada wisata yang ditawarkan diarea masjid kristal bagi pengunjung, yaitu naik perahu mengelilingi sekitar sungai. Untuk masuk kawasan wisata tidak ada biaya apapun, alias gratis. Replika masjid indah diseluruh dunia juga ada pada Taman Tamadun Islam. [beautifulmosque]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *