Bacaan Tahiyat (Tasyahud) Akhir, Arab, Latin dan Artinya

Bacaan Tahiyat atau Tasyahhud akhir merupakan salah satu rukun sholat, jika ditinggalkan dengan sengaja maka batal shalatnya. Berbeda dengan Tasyahud Awal yang merupakan Sunnah ab’ad, namun untuk bacaannya sama.

Tahiyat-akhir

Tasyahud awal dan akhir sebenarnya agak berbeda. Tasyahud atau tahiyat awal dilakukan pada rakaat kedua sementara tasyahud akhir dilakukan pada rakaat terakhir.

Baca Juga:
Fasal 15 Syarat Tayamum (Kitab Safinah)
Fasal 14 Sebab Tayamum (Kitab Safinah)
Fasal 13 Hal Haram Bagi Orang yang Batal Wudhu, Junub, Haid (Kitab Safinah)

Setelah melakukan sujud terakhir dalam sholat, kita melakukan gerakan duduk tasyahud akhir. Caranya adalah dengan duduk tawarruk. Duduk tawarruk adalah duduk dengan posisi kedua kaki ditekuk ke arah kanan. Posisinya menyimpang ke kanan dari arah pinggang. Kaki kiri berada di bawah kaki kanan dan telapak kaki kanan ditegakkan dengan jari-jari kaki menghadap ke kiblat.

Untuk Bacaan Tasyahud (Tahiyyat) Akhir akan kami bagikan pada artikel ini secara lengkap dalam bahasa arab, tulisan latin serta terjemahannya. Bagi yang belum hafal bacaannya, silakan bisa dipelajari dan hafalkan disini.

Bacaan-Tahiyat-Akhir

Bacaan Tahiyat (Tasyahud) Akhir, Arab, Latin dan Artinya:

اَلتَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ ِللهِ، السَّلاَمُ عَلَيْكَ اَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ، السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ، أَشْهَدُ اَنْ لآ إِلَهَ إِلاَّاللهُ وَاَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهُ، اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَرَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ فِى الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

Attahiyyaatul mubaarokaatush sholawaatut toyyibaatulillaah, Assalaamu’alaika ayyuhan nabiyyu warohmatulloohi wabarokaatuh. Assalaamu’alainaa wa ‘alaa ‘ibaadil-laahish-shoolihiin. Asyhadu anlaa ilaaha il-lallooh wa asyhadu anna muhammadar rosuulullaah. Alloohumma sholli ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aali sayyidinaa muhammadin. Kamaa shol-laita ‘alaa sayyidinaa ibroohiima wa ‘alaa aali sayyidinaa ibroohiima wabaarik ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aali sayyidinaa muhammadin. Kamaa baarokta ‘alaa sayyidinaa ibroohiima wa ‘alaa aali sayyidinaa ibroohiima fil ‘aalamiina innaka hamiidun majiid

Artinya: Segala penghormatan yang berkat solat yang baik adalah untuk Allah. Sejahtera atas engkau wahai Nabi dan rahmat Allah serta keberkatannya. Sejahtera ke atas kami dan atas hamba-hamba Allah yang soleh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah dan aku bersaksi bahwasanya Muhammad itu adalah pesuruh Allah. Ya Tuhan kami, selawatkanlah ke atas Nabi Muhammad dan ke atas keluarganya. Sebagaimana Engkau selawatkan ke atas Ibrahim dan atas keluarga Ibrahim. Berkatilah ke atas Muhammad dan atas keluarganya sebagaimana Engkau berkati ke atas Ibrahim dan atas keluarga Ibrahim di dalam alam ini. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Agung.

Itulah Lafadz Bacaan Tahiyyat (Tasyahhud) Akhir Lengkap Arab, Latin dan Artinya. Setelah selesai membaca tasyahud akhir maka kemudian dilanjutkan dengan membaca salam, namun dianjurkan juga sebelum salam hendaknya membaca Doa Setelah Tasyahud Akhir.

Wallahu A’lam Bish-shawab

2 thoughts on “Bacaan Tahiyat (Tasyahud) Akhir, Arab, Latin dan Artinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *