Bacaan Ruku’ dalam Sholat, Arab, Latin dan Artinya

Dikesempatan yang berbahagia ini kami akan berbagi bacaan ruku’ dalam Sholat Fardhu maupun sholat sunnah (bacaan ruku’nya sama) lengkap bahasa arab, latin dan artinya.

Bacaan-Ruku-Sholat

Kami asumsikan Anda sudah mengetahui apa itu gerakan ruku’ dalam sholat, sehingga kami tidak mengulas tentang pengertian ruku’ itu sendiri

Baca Juga:
Bacaan Doa Setelah Adzan Dan Iqomah Lengkap
Sayyidah Nafisah, Ulama Perempuan Guru Imam Syafi’i
Pertanyaan Putri Imam Ahmad terhadap Imam Syafi’i

Ada beberapa bacaan ruku’ yang biasa dibaca Rasulullah SAW dalam sholatnya. Ini artinya Rasulullah SAW terkadang membaca dengan sebuah bacaan ruku’ namun terkadang menggantinya dengan bacaan ruku’ yang lain.

Berikut adalah salah satu bacaan ruku’ dalam sholat lengkap arab, latin dan artinya, seperti yang Rasulullah SAW baca ketika sedang ruku’

Bacaan Ruku’

3x سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيْمِ وَبِحَمْدِهِ

Subhaana Rabbiyal ‘Adziimi Wa Bihamdih. (Dibaca 3x)

Artinya, “Maha Suci Tuhan yang Maha Agung serta memujilah aku kepada-Nya.”

Itulah Bacaan Ruku’ dalam Sholat, Arab, Latin dan Artinya yang dapat kami share. Bacaan ruku’ ini juga yang selalu kami baca dalam melakukan shalat.

Menurut mayoritas ulama kalimat dzikir (bacaan ruku’) diatas batas minimalnya adalah dibaca sekali dan sempurnanya dibaca tiga kali. Pendapat ini didasarkan kepada hadits riwayat Ibnu Mas’ud

Rasulullah SAW bersabda :
“Apabila kalian ruku’ maka bacalah dalam ruku’ kalian “Subhana rabbiyal adziimi wa bihamdih” tiga kali.” (HR. Tirmidzi).

Dzikir Yang Dilarang Ketika Ruku’

Bentuk bacaan dzikir yang dilarang ketika dalam kondisi ruku’ adalah membaca ayat-ayat dari Al Quran. Berdasarkan hadits : “Bahwasanya Nabi SAW melarang membaca Al-Quran dalam ruku’ dan sujud.” (HR. Muslim)

Wallahu A’lam Bish-shawab

4 thoughts on “Bacaan Ruku’ dalam Sholat, Arab, Latin dan Artinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *