Arab Saudi Larang Jamaah Menyentuh Ka’bah

Masjidil Haram usai disterilisasi , kini Pemerintah Arab Saudi sudah membuka kembali akses bagi para jamaah umrah untuk melakukan thawaf mengelilingi ka’bah.

Arab-Saudi-Larang-Jamaah-Menyentuh-Kabah
Kabah sempat ditutup untuk peziarah demi membendung penyebaran virus corona. (Foto: Muslim Obsession)

Namun Pemerintah Arab Saudi masih membatasi area lokasi ka’bah. Jamaah yang melaksanakan thawaf hanya bisa memandangi ka’bah tanpa bisa menyentuhnya, apalagi menciumnya. Selain itu ka’bah dipagari hingga ke Hijr Ismail. Hajar Aswad pun tak boleh dicium.

Baca Juga :
Penampakan Langka, Foto Kosongnya Ka’bah saat Masjidil Haram Disterilkan
Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Dibuka Kembali Usai Sterilisasi Virus Corona
Virus Corona, DMI Imbau Jemaah Batuk dan Demam Sholat di Rumah

Dilansir dari situs Daily Mail, para jamaah dilarang menyentuh ka’bah dan hajar aswad hanyalah sementara. Hal ini sebagai langkah lanjutan Pemerintah Arab Saudi untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Seperti di dalam gambar ini, pengunjung masjid dihalangi untuk menyentuh ka’bah, dan ini adalah area yang biasa dan harus mereka (jamaah umrah) lewati. Tapi karena adanya COVID-19 ka’bah pun ditutup sementara.

Kemudian, para jamaah pun masih tetap melaksanakan kewajibannya menyelesaikan rangkaian ritual umrah, meski tanpa harus menyentuh ka’bah dan hajar aswad.

Raja Salman mengizinkan jamaah hanya mengitari ka’bah tanpa menyentuhnya sejak Sabtu (7/3/2020) dini hari, seperti laporan resmi dari Saudi Press Agency (SPA).

Sebelumnya, Pemerintah Arab Saudi menangguhkan sementara visa para calon jamaah umrah dari berbagai negara, termasuk Indonesia dan melarang pergi ke Tanah Suci untuk pencegahan virus korona yang mewabah di beberapa negara.

Kemudian, Masjidil Haram dan sekitarnya sempat kosong. Para jamaah tidak terlihat satupun di area tersebut. Ini dikarenakan para petugas tengah mensterilkan atau membersihkannya, untuk mencegah wabah COVID-19 karena proses penularannya sangatlah cepat.

Akhirnya setelah beberapa rangkaian, Masjidil Haram dibuka kembali dan para jamaah bisa menunaikan salat dan thawaf. Meski umtuk sementara ini ka’bah belum bisa tersentuh, dan hajar aswad tidak bisa dicium.[ozn/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *